Banyak Manfaat Teri, Salah Satunya Bikin Jantung Sehat


oleh2tanjungpinang - Teri atau bagi masyarakat Provinsi Kepulauan Riau disebut bilis juga ada di beberapa wilayah Indonesia. Namun tak semua teri tersebut dikenal. Di Sumatera, teri dari Tanjungpinang menjadi semacam merek yang melekat dengan ibu kota provinsi ini.

Cukup banyak perairan di Kepri yang menghasilkan teri. Pada musim panen, pasar-pasar tradisional akan menggambarkan bagaimana mudahnya menemukan teri. Namun demikian bagi yang belum pernah mengenal teri harus memilih jenis apa yang akan dibelinya.

Di Tanjungpinang sendiri ada beberapa macam jenis teri. Biasanya perbedaan harga didasarkan pada jenisnya. Ada teri yang harganya mahal dengan kualitas wahid, ada juga yang harganya sedang dan cukup murah. Secara umum, semuanya memiliki khasiat yang tak jauh berbeda.

Khasiat Teri bagi Kesehatan

Di bawah ini kami akan membeberkan khasiat yang bisa diperoleh manusia jika mengonsumsi teri. Silakan Sahabat Kopi baca dengan seksama agar bisa mengabarkannya untuk orang lain jika dirasa bermanfaat.

Kaya Asam Omega-3

Di tubuh teri yang bentuknya mungil itu, sebesar-besarnya teri ya ukurannya tetap kecil, ternyata terdapat kandungan Omega-3. Omega-3 sendiri memiliki peran penting menjaga kesehatan jantung hingga fungsi otak.

Sebuah penelitian pernah dilakukan oleh para ahli dan dipublikasikan di Journal of American Medical Association pada tahun 2006. Dalam artikel ilmiah itu dicantumkan, bahwa dengan mengonsumsi dua porsi minyak ikan setiap minggu mampu mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung hingga 36 persen.

Selanjutnya para ahli menyarankan kepada kita manusia untuk mengonsumsi dua porsi ikan berlemak setiap minggu. Hal ini bagus untuk mencukupi kebutuhan omega-3 Anda.

Sumber Protein

Butuh tubuh protein? Jawabannya sederhana, konsumsilah teri. Sekadar informasi namun penting lho, protein merupakan salah satu nutrisi terpenting yang dapat membantu membangun otot dan jaringan tubuh. Fungsi protein lainnya ialah menghasilkan enzim dan hormon penting dalam tubuh.

Berdasarkan penelitian, pada 100 gram teri mengandung 16 gram protein. tentu jumlah itu masih kurang bagi tubuh, silakan digabungkan dengan makanan lainnya agar tercukupi kebutuhan protein dalam tubuh kita. Meski tinggi protein, teri rendah kalori.

Kandungan protein yang terdapat pada ikan teri baik untuk memperbaiki metabolisme sel dan jaringan ikat. Hmm, baru tahu...

Rendah Merkuri

Sebelumnya yuk kita ketahui apa itu merkuri. Sahabat, merkuri adalah sejenis logam berat hasil buangan dari limbah pabrik dan rumah tangga. Di dalam air, merkuri mengubah dirinya menjadi zat yang disebut metilmerkuri yang berikatan dengan protein dalam otot ikan.

Jika Anda mengonsumsi ikan yang mengandung merkuri, maka kandungan merkuri itu juga akan masuk ke dalam tubuh kita. Jika dilakukan secara terus-menerus maka akan terjadi penumpukan merkuri yang berakibat gangguan kesehatan. Bentuknya bisa berupa keracunan merkuri hingga bahkan kerusakan saraf. Dan ini rentan terjadi pada bayi dan anak-anak.

Terus pada ikan teri bagaimana? Alhamdulillah, kandungan merkuri dalam ikan teri termasuk yang paling rendah di antara jenis ikan lainnya di lautan. Nah, sekarang dukung teman-teman yang selama ini doyan mengonsumsi teri. Kalau perlu gabung ah.

Kesehatan Tulang

Kalsium adalah zat yang juga banyak terdapat pada daging teri. Berdasarkan penelitian juga, ikan teri mengandung sekitar 500 mg hingga 972 mg kalsium. Kandungan kalsium yang tinggi ini tentu sangat dibutuhkan manusia yang menginginkan memiliki tulang tetap sehat dan kuat.

Kandungan berharga lainnya dari teri ialah vitamin K, magnesium, serta fosfor yang sama baiknya untuk menjaga kesehatan tulang. Makan teri selama menyusui bahkan dapat mencegah wanita terkena osteoporosis dini. Ikan teri juga mengandung vitamin E yang bisa menghambat penuaan dini, mencegah jerawat dan membuat kulit halus.

Sekarang Anda sudah tahu manfaat teri. Jika ingin membelinya, silakan klik link di bawah ini.

>>> Chat dengan oleh2tanjungpinang <<<

1 Komentar untuk "Banyak Manfaat Teri, Salah Satunya Bikin Jantung Sehat"

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel